Kamis, 25 Desember 2014

Modifikasi dudukan & letak ban serep belakang land rover series

Mounting/dudukan ban serep land rover untuk pelek dengan PCD 139,7 mm tentunya harus disesuaikan atau dibuat baru. Selain itu posisi dudukan yang lama dianggap kurang enak dilihat karena terlalu kebawah.
Memodifikasi mounting lama dengan menambahkan adaptor memang memungkinkan. Tapi dengan pertimbangan bobot, maka membuat baru dapat menghemat bobot dibandingkan mounting lama plus adaptor mounting. Oleh sebab itu, saya putuskan membuat baru dengan menggunakan material pelat baja 4 mm dikombinasi dengan steel bar St.37 berdiameter 22 mm.
Pelek yang saya gunakan adalah yang biasa dipakai oleh daihatsu taft GT yaitu berukuran 15"x10" dengan offset berbalut ban 31" dari bridgestone.
merubah letak dan posisi dudukan ban serep landrover
Ban 31" Bridgestone butuh dudukan baru

Mula- mula potong as dengan panjang 180 mm sebanyak 3 pcs. Naikkan ke mesin bubut dan bentuk blank shaft seperti pada gambar.
Pengasaran dimesin bubut
Proses pembentukan dimesin bubut
as dudukan ban serep landy
Blank shaft terbentuk


Setelah itu, ganti pahat bubut dengan pahat ulir metrik dan setting mesin bubut untuk mencapai pitch 1,5 mm dan potong blank meterial menjadi bentuk ulir dibagian ujungnya.

Pemotongan drat dengan proses bubut
Pemotongan ulir sebagai tahap akhir pembuatan as

Ketiga shaft ini kelak akan digunakan sebagai penopang ban serep jadi pastikan ukurannya identik agar posisi ban serep menjadi lurus dan flat dengan bodi pintu belakang.


Jika anda memerlukan bantuan kami untuk membuat dudukan ban serep seperti ini, silahkan call/sms/whatsapp 082110779298;
Harga mounting 350 rb (diluar biaya kirim) instalasi di workshop 50rb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar