Jumat, 26 Desember 2014

Modifikasi Atap Karoseri Mitsubishi Colt L300 Minibus



Mitsubishi colt L300 memang sudah terkenal dan terbukti ketangguhannya baik yang versi bensin maupun versi dieselnya. Kendaraan berbadan bongsor yang direstorasi kali ini sudah berumur cukup sepuh, 1984. Tentu saja kondisinya sudah terdapat lubang kropos dan tambalan disana sini. Selain bertujuan untuk meninggikan atapnya agar seperti layaknya mitsubishi colt L300 keluaran terbaru,kami juga berencana akan memberikan penguatan atap dengan memberikan rangka tambahan agar tidak mudah ringsek jika mengalami gulingan dan sebagainya. Setelah dikalkulasi, penambahan ketinggian yang baik didapat sebanyak 20 cm.
Langkah awal tentu saja mengosongkan bahan bakar ditangki mengingat kita akan bekerja dengan berbagai peralatan yang mengandung pemanas dan api dimana percikannya dapat menimbulkan bahaya kebakaran. Kami memang selalu mengutamakan masalah safety dan keselamatan diatas segalanya baik keselamatan terhadap pekerja maupun aset projek yang dalam hal ini adalah kendaraan itu sendiri. 
Langkah kedua adalah mengosongkan interior seperti menurunkan jok, karpet lantai, plafon, door trim dan sebagainya. Hal ini ditujukan sebagai langkah penyelamatan terhadap aset kendaraan tersebut. Jangan sampai suatu pekerjaan menimbulkan ekses yang luas terhadap bagian yang lain. 
Langkah ketiga adalah melakukan pemutusan sementara terhadap kelistrikan terkait seperti pemutusan kelistrikan plafon, pencopotan aki dan lain sebagainya.
Langkah keempat adalah melakukan penutupan terhadap aset kendaraan yang rumit jika diturunkan seperti dashboard, setir dan lain-lain. Hal ini ditujukan tidak hanya untuk melingdungi aset kendaraan namun juga untuk mempercepat proses pengerjaan agar tidak terlalu banyak bongkar pasang komponen mobil diluar pekerjaan yang dimaksud.
Langkah kelima berfokus pada pemotongan atap  dengan menggunakan plasma cutting yang lebih ramah lingkungan dan tidak menimbulkan polusi suara maupun debu yang dapat mengganggu lingkungan. setelah sekeliling atap telah lepas dari badan kendaraan, atap ini diturunkan dan dilanjutkan dengan proses selanjutnya.
Langkah selanjutnya adalah pembentukan , pemasangan dan pengelasan rangka penguat tambahan yang berfungsi sebagai roll cage.
Rangka penguat ini kami buat dengan menggunakan hollow square 40x20 berketebalan 2 mm dan dipasang melintang paralel setiap 40 cm.

Langkah ketujuh adalah pembentukan, pemasangan dan pengelasan pelat atap samping/roof skin sebagai kulit bodi untuk meninggikan atap.

Modifikasi karoseri mitsubishi colt L300 minibus
Pemasangan roof skin dengan penambahan ketinggian 20cm
Langkah kedelapan adalah pengecatan ulang mulai dari dasar pemberian antikarat, epoxy, perataan, pendempulan, penghalusan, epoxy urface, cat dasar hingga cat glossy/clear.

Meratakan bodi mitsubishi colt L300
Proses pendempulan

Langkah kesembilan adalah pengembalian seluruh komponen yang telah dilepas pada proses- proses awal pengerjaan.

Secara keseluruhan, proses ini berjalan lancar dan memakan waktu sekitar dua bulan.
Cat ulang Colt L300
Hasil akhir setelah di cat ulang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar