Mitsubishi colt L300 memang sudah terkenal dan terbukti ketangguhannya baik yang versi bensin maupun versi dieselnya. Kendaraan berbadan bongsor yang direstorasi kali ini sudah berumur cukup sepuh, 1984. Tentu saja kondisinya sudah terdapat lubang kropos dan tambalan disana sini. Selain bertujuan untuk meninggikan atapnya agar seperti layaknya mitsubishi colt L300 keluaran terbaru,kami juga berencana akan memberikan penguatan atap dengan memberikan rangka tambahan agar tidak mudah ringsek jika mengalami gulingan dan sebagainya. Setelah dikalkulasi, penambahan ketinggian yang baik didapat sebanyak 20 cm.
Langkah awal tentu saja mengosongkan bahan bakar ditangki mengingat kita akan bekerja dengan berbagai peralatan yang mengandung pemanas dan api dimana percikannya dapat menimbulkan bahaya kebakaran. Kami memang selalu mengutamakan masalah safety dan keselamatan diatas segalanya baik keselamatan terhadap pekerja maupun aset projek yang dalam hal ini adalah kendaraan itu sendiri.
Langkah kedua adalah mengosongkan interior seperti menurunkan jok, karpet lantai, plafon, door trim dan sebagainya. Hal ini ditujukan sebagai langkah penyelamatan terhadap aset kendaraan tersebut. Jangan sampai suatu pekerjaan menimbulkan ekses yang luas terhadap bagian yang lain.
Langkah ketiga adalah melakukan pemutusan sementara terhadap kelistrikan terkait seperti pemutusan kelistrikan plafon, pencopotan aki dan lain sebagainya.Langkah keempat adalah melakukan penutupan terhadap aset kendaraan yang rumit jika diturunkan seperti dashboard, setir dan lain-lain. Hal ini ditujukan tidak hanya untuk melingdungi aset kendaraan namun juga untuk mempercepat proses pengerjaan agar tidak terlalu banyak bongkar pasang komponen mobil diluar pekerjaan yang dimaksud.
Langkah kelima berfokus pada pemotongan atap dengan menggunakan plasma cutting yang lebih ramah lingkungan dan tidak menimbulkan polusi suara maupun debu yang dapat mengganggu lingkungan. setelah sekeliling atap telah lepas dari badan kendaraan, atap ini diturunkan dan dilanjutkan dengan proses selanjutnya.
Langkah selanjutnya adalah pembentukan , pemasangan dan pengelasan rangka penguat tambahan yang berfungsi sebagai roll cage.
Rangka penguat ini kami buat dengan menggunakan hollow square 40x20 berketebalan 2 mm dan dipasang melintang paralel setiap 40 cm.
Langkah ketujuh adalah pembentukan, pemasangan dan pengelasan pelat atap samping/roof skin sebagai kulit bodi untuk meninggikan atap.
Pemasangan roof skin dengan penambahan ketinggian 20cm |
Proses pendempulan |
Langkah kesembilan adalah pengembalian seluruh komponen yang telah dilepas pada proses- proses awal pengerjaan.
Secara keseluruhan, proses ini berjalan lancar dan memakan waktu sekitar dua bulan.
Hasil akhir setelah di cat ulang |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar